Kegiatan

RAPAT PLENO TP PKK BULAN JULI 2024

SID magersari_ Hari Selasa, 16 Juli 2024. Rapat Pleno TP PKK merupakan pertemuan yang penting dalam struktur organisasi Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK). Pada kesempatan kali ini membahas tentang 

KE MANA HARUS REHABILITASI?

Keluarga yang anggota keluarganya sudah menjadi pecandu dan ketergantungan dengan narkoba, dan tidak tahu harus melapor ke mana jika akan mengikuti program rehabilitasi, bisa datang ke IPWL (Institusi Penerima Wajib Lapor). Salah satu IPWL adalah klinik rehabilitasi yang ada di semua kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi dan Kabupaten/Kota. Pecandu narkoba datang bersama orang yang akan menjadi penanggung jawab yang bersangkutan selama menjalani program rehabilitasi pada saat hari dan jam kerja yakni Senin – Jumat jam 08.00 – 15.00 WIB. Pecandu narkoba akan diperiksa secara menyeluruh oleh tim medis dari klinik. Jika ketergantungannya taraf ringan atau sedang, maka bisa menjalani rehabilitasi rawat jalan dengan datang dan konseling secara terus-menerus selama 8 kali pertemuan sesuai dengan perjanjian dengan tim medis. Apabila hasil pemeriksaan yang bersangkutan sudah ketergantungan parah, maka harus menjalani rehabilitasi rawat inap selama 3 – 12 bulan. Untuk rehabilitasi rawat inap, tim medis akan memberikan beberapa alternatif dan rujukan tempat rawat rehabilitasi yang dekat dengan domisili pecandu. Tentunya seluruh program rehabilitasi baik rawat jalan ataupun inap jika sudah selesai, akan terus dipantau oleh tim medis dari BNN. Ingin sehat dan pulih dari kecanduan narkoba, jangan ragu untuk Rehabilitasi.

Sumber : https://bit.ly/Kemana_Harus_Rehab

Pada kegiatan rapat pleno tpk bulan juli ini ada pelatihan membuat pempek palembang oleh KKN UIN Walisongo Semarang posko 135 dan pokja pkk.

Cara membuat PEMPEK IKAN TENGGIRI

 

Bahan – bahan

Bahan 1 (Pempek)

1 kg daging ikan tenggiri (sudah bersih tanpa kulit)

800 gram tepung tapioka

2 btr telor

5 siung bawang putih, haluskan

500 gram air es/secukupnya

50 gram garam/secukupnya

10 gram penyedap rasa/secukupnya

 

Bahan 2 (Cuko)

500 gram gula aren

10 siung bawang putih

¼  cabe rawit hijau

1 bungkus asam jawa/secukupnya

 

Cara membuat mpek-mpek

  1. Campur ikan tenggiri yang sudah digiling dengan bawang putih yang sudah dihaluskan dicoper/ulek, masukkan garam, penyedap rasa sesuai selera. campur bahan hingga merata.
  2. Masukkan tepung tapioka secara perlahan kedalam adonan. Masukkan telur campur hingga rata, jika adonana terlalu cair bisa tambahkan tepung sedikit-demi sedikit, jika adonan terlalu keras bisa tambahkan air es yang sudah disediakan. Campur perlahan menggunakan tangan, jangan diaduk terlalu keras.
  3. Jika adonan sudah sesuai, Langkah selanjutnya pembentukan pempek, pempek lenjer berbentuk Panjang bulat.
  4. Rebus pempek dengan air yang sudah di didihkan sebelumnya, masukan sedikit minyak goreng kedalam air rebusan agar Ketika merebus pempek tidak lengket/menyatu satu sama lain.
  5. Jika pempek sudah mengapung tandanya pempek sudah matang/masak, angkat pempek yang sudah mengapung lalu tiriskan, diamkan terlebih dahulu hingga uap nya menghilang dan tidak lengket lagi dan bentuknya sudah kokoh.
  6. Goreng pempek di minyak yang sudah benar-benar panas, kecilkan api agar pempek tidak gosong, juka sudah berwarna golden broun/kecoklatan pempek siap diangkat dan disajikan.

Cara membuat cuko

  1. Masak air hingga mendidih, masukkan gula aren kedalam air yang sudah mendidih/masak, tunggu hingga gula aren mencair.
  2. Haluskan coper/ulek cabe rawit hijau dan bawang putih sesuai selera kepedasan, campur bahan yang sudah di halukan kedalam rebusan air yang sudah dicampuran gula aren sebelumnya. Tidak lupa masukkan asam jawa sesuai selera, aduk semua bahan hingga tercampur, tunggu rebusan air mendidih jika dikira sudah matang cuko siap disajikan.

Penyajian

  1. Siapkan pempek yang sudah digoreng masukkan kedalam tempat yang sudah disediakan boleh di potong kecil-kecil sesuai selera, masukkan kuah cuko secukupnya maka pempek siap di sajikan dan disantap.

 

 

Share :

Cuaca Hari Ini

Jumat, 13 September 2024 00:35
Hujan Rintik-rintik
27° C 26° C
Kelembapan. 82
Angin. 1.91