Kegiatan

SOSIALISASI PEMBUATAN MAKANAN IBU HAMIL DAN IBU MENYUSUI

Selasa, 06 September 2022 bertempat di Balai Desa Magersari, dilaksanakan kegiatan pertemuan rutin kampung KB desa Magersari dalam rangka sosialisasi pembuatan makan bergizi untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Kegiatan ini merupakan inisiasi dari pengurus kampung KB desa Magersari didampingi oleh BKKBN Kabupaten Kendal. Acara dimulai pukul 09.00 WIB. Dimulai dengan Pembukaan dan selanjutnya sambutan - sambutan setelah itu ke inti acara yaitu sosialisasi pembuatan makan bergizi untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Sambutan yang pertama adalah dari Kepala Desa Magersari Bapak Muhyidin. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pentingnya para ibu - ibu untuk mengetahui apa saja gizi yang dibutuhkan selama hamil dan menyusui. Makanan - makanan apa saja yang disarankan dan makanan apa saja yang perlu dihindari. Selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa dalam era millenial ini banyak sekali tutorial pembuatan makanan yang dapat diakses. Baik melalui youtube dan google atau sebagainya. Hendaknya ibu -  ibu harus bisa kreatif agar dapat menembah wawasan dalam pembuatan makanan bergizi dan seimbang yang dibutuhkan.

Bertindak sebagai narasumber adalah Ibu Denis yang merupakan ahli gizi dari UPTD Puskesmas Patebon I. Dalam materinya Ibu denis banyak sekali menyampaikan hal - hal yang sangat penting diketahui oleh ibu - ibu peserta sosialisasi. Materi pertama adalah tentang makanan apa saja yang dibutuhkan dan disarankan untuk ibu hamil. Mulai dari sayuran hijau, buah - buahan, ikan an juga daging merah. Prinsip makanan empat sehat lima sempurna memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Tentunya dalam hal ini ketika ibu sedang hamil tidak hanya faktor ibu saja yang harus mengetahui tntang makanan bergizi. tentu perlu dukungan para suami atau ayah dan juga keluarga yang ikut mendampingi dan menyediakan makanan yang bergizi untuk ibu hamil dan juga ibu menyusui.

Sebagai penutup materi Ibu Denis juga menunjukkan langsung makanan olahan yang bisa dibuat untuk makanan pendamping ibu hamil dan menyusui yang telah dipersiapkan sebelumnya. semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan manfaat untuk semua peserta dan juga kepada masyarakat desa Magersari pada umumnya.