Kegiatan

KIRAB BUDAYA DESA MAGERSARI dan HAUL MBAH WALIYULLAH HASAN ABU HAMID KE-38

Selasa, 23 Agustus 2022, Kemeriahan nampak di desa Magersari. Sejak Pagi hari warga antusias untuk mengikuti Kirab Budaya yang sudah menjadi tradisi tahunan di desa Magersari. Memang tradisi ini menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pemerinntah Desa Magersari bekerja sama dnegan takmir Masjid Al Muttaqin serta seluruh elemen masyarakat desa Magersari. Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2018, dan tahun ini menjadi kegiatan ke 5 yang dilaksanakan. 

Kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur warga desa Magersari Kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat yang telah diberikan kepada seluruh warga desa Magersari. Bentuk rasa syukur itu diwujudkan dengan cara bersedekah dengan membuat tumpeng oleh masing - masing warga yang akan ikut dalam acara kirab budaya. Awal kegiatan dimulai setelah sholat maghrib dengan mengumpulkan tumpeng yang telah dibuat warga desa di Masjid Al Muttaqin Magersari. Setelah isyak warga mulai berdatangan berkumpul di masjid untuk melakukan kirab. Sebelum kirab dimulai tidak lupa diawali dengan do'a bersama yang dipimpin oleh Kyai Nur Abidin yang merupakan sepeuh desa Magersari.

setelah itu warga desa berjalan bersama sama sambil membawa tumpeng yang telah dikumpulkan di masjid untuk dibawa berkeliling desa Magersari. Rombongan dipimpin oleh Kepala Desa Magersari Bapak Muhyidin dan diikuti seluruh warga desa Magersari di belakangnya. Start di Masjid Al Muttaqin Magersari, kemudian berjalan memutari jalan desa dan Finish di Makam Mbah Waliyullah Hasan Abu Hamid di Rt. 04 Rw. 01. 

Seampainya di Makam, tumpeng dikumpulkan menjadi satu kemudian dimulai acara. Acara diawali dengan pembacaan Tahlildan Do'a dipimpin oelh para sepepuh dan Kyai Desa Magersari. Memeohon Do'a agar desa Magersari selalu diberikan rahmat dan berkah dari Allah SWT. 

setelah acara tahlil selesai dilanjutkan dengan acara santunan anak yatim piatu se desa Magersari. Santunan ini diikuti oleh sebanyak 23 anak yatim dan piatu. 

Setelah serangkaian acara tadi acara puncak pada kirab budaya dan haul ini diakhiri dengan Mau'idhoh Hasanah oleh KH. Imam Salim dari Kecamatan Boja. 

Dalam ceramahnya Kh. Imam Salim mengingatkan kepada seluruh hadirin dan hadirot untuk selalu bersyukur Kepada Allah SWT. Semoga dengan diadakannya acara kirab budaya dan haul ini dapat menjadikan desa Magersari semakin rukun dan guyub dalam keadaan apapun.

 

 

https://www.youtube.com/watch?v=h7E7FqJNLJo